Tugas Pokok dan Fungsi

BPBD mempunyai Tugas Pokok :

a. Menetapkan pedoman dan pengarahan terhadap usaha penanggulangan bencana yang mencakup pencegahan bencana, penanganan darurat, rehabilitasi, serta rekonstruksi secara adil dan setara.

b. Menetapkan standardisasi serta kebutuhan penyelenggaraan penanggulangan bencana berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

c. Menyusun, menetapkan dan menginformasikan peta rawan bencana.

d. Menyusun dan menetapkan prosedur tetap penanganan bencana.

e. Melaporkan penyelenggaraan penanggulangan bencana kepada Bupati setiap 1 (satu) bulan sekali dalam kondisi normal dan setiap saat dalam kondisi darurat bencana.

f. Mengendalikan pengumpulan dan penyaluran uang dan barang.

g. Mempertanggungjawabkan penggunaan anggaran yang diterima dari Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah, dan

h. Melaksanakan kewajiban lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Fungsi

a. Perumusan dan penetapan kebijakan penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi dengan bertindak cepat dan tepat secara efektif dan efisien, dan

b. Pengkoordinasian pelaksanaan kegiatan penanggulangan bencana secara terencana, terpadu dan menyeluruh.

c. Pelaksana penanggulangan bencana secara terintegrasi dalam tahapan pra bencana, saat tanggap darurat dan pasca bencana.

d. Pengkoordinasian penanggulangan bencana dengan instansi dan atau instansi terkait lainnya pada tahap pra bencana dan pasca bencana.

e. Pengkoordinasian dan pengerahan sumber daya manusia, peralatan, logistik dari SKPD, instansi vertikal dan institusi terkait lainnya dalam rangka penanggulangan darurat bencana.

Susunan Organisasi dan Tata Kerja pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pekalongan berdasarkan Peraturan Bupati Pekalongan Nomor 47 Tahun 2011 tentang Penjabaran Tugas Pokok dan Fungsi Lembaga Teknis Daerah, Satuan Polisi Pamong Praja dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah, sebagai berikut :

Kepala Pelaksana

Kepala Badan mempunyai tugas melaksanakan penanggulangan bencana secara terintegrasi meliputi prabencana, saat tanggap darurat, dan pascabencana.

Sekretaris

Sekretaris mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Kepala Pelaksana BPBD dalam merumuskan kebijakan, mengkoordinasikan, membina dan mengendalikan kegiatan di bidang administrasi umum, kepegawaian, perencanaan dan keuangan.

Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan

Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Kepala Pelaksana BPBD dalam merumuskan kebijakan, mengkoordinasikan, membina, dan mengendalikan kegiatan dibidang pencegahan dan kesiapsiagaan.

Seksi Kedaruratan dan Logistik

Seksi Kedaruratan dan Logistik mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Kepala Pelaksana BPBD dalam merumuskan kebijakan, mengkoordinasikan, membina, dan mengendalikan kegiatan dibidang kedaruratan dan logistik.

Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi

Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Kepala Pelaksana BPBD dalam merumuskan kebijakan, mengkoordinasikan, membina, dan mengendalikan kegiatan dibidang rehabilitasi dan rekonstruksi.

Close
Close