Zona Integritas

Penandatanganan Pakta Integritas

KAJEN – Rabu, 15 Januari 2020 bertempat di Aula BPBD Kabupaten Pekalongan telah dilaksanakan penandatanganan Pakta Integritas tahun 2020. Penandatanganan Pakta Integritas tersebut dipimpin oleh Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pekalongan, Bapak Budi Rahardjo, AP dan diikuti oleh Sekretaris, para Kepala Seksi beserta para staf BPBD Kabupaten Pekalongan.

Sebelum dilaksanakan penandatanganan Pakta Integritas, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pekalongan Bapak Budi Rahardjo, AP menyampaikan amanat bahwa pelaksanaan Penandatanganan Pakta Integritas ini bukan hanya sebagai acara simbolis namun agar selalu diterapkan dalam melaksanakan tugas sebagai aparatur pemerintah untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan kekompakan khususnya dalam penanganan kebencanaan di wilayah Kabupaten Pekalongan.

Apel Pagi dan Deklarasi Pencanangan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) 

KAJEN – Hari Senin (10/02/2020) pelaksanaan apel pagi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pekalongan diikuti oleh seluruh ASN dan Satgas PB seperti biasanya. Hal ini merupakan kewajiban bagi setiap pegawai selain untuk mendengar arahan pimpinan, apel pagi juga bertujuan untuk melatih kedisiplinan dan tanggungjawab bagi setiap ASN maupun Satgas PB di lingkungan kantor BPBD Kabupaten Pekalongan.

Pada apel pagi ini juga dilaksanakan penandatanganan “Dukungan atas Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) BPBD Kabupaten Pekalongan”. Penandatanganan dukungan dilakukan oleh seluruh ASN BPBD Kabupaten Pekalongan baik pejabat struktural maupun staf. Penandatanganan dimulai oleh Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Pekalongan (Budi Rahardjo, AP), diikuti Sekretaris (Moegiwinarsih, SE), Kasi Kedaruratan dan Logistik (Wido Santiko, SH), Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan (M. Ali, S.KM, M. Kes (Epid)), Kasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi (Agus Suharsanto, ST), serta para staf BPBD Kabupaten Pekalongan.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Pekalongan Budi Rahardjo, AP selaku pembina apel selanjutnya membacakan sambutan Bupati Pekalongan. Dalam sambutan disampaikan pesan Bupati kepada Pimpinan OPD beserta seluruh jajarannya, untuk secara terus menerus melakukan perbaikan dan penyempurnaan dalam pelaksanaan reformasi birokrasi di unit kerja melalui :

  1. Pelaksanaan Manajemen Perubahan, antara lain dengan membangun komitmen membangun integritas, melakukan perubahan pola pikir dan budaya kerja.
  2. Panataan Tata Laksana, antara lain meningkatkan kinerja, meningkatkan efisiensi dan efektifitas, penggunaan teknologi informasi dalam pelaksanaan tugas, serta keterbukaan informasi publik.
  3. Penataan Sistem Manajemen SDM, antara lain dengan meningkatkan disiplin dan profesionalisme SDM Aparatur.
  4. Penguatan akuntabilitas, antara lain dengan meningkatkan kinerja dan akuntabilitas / pertanggungjawaban atas keberhasilan / kegagalan pelaksanaan program dan kegiatan dalam mencapai misi dan tujuan organisasi.
  5. Penguatan Pengawasan, antara lain dengan meningkatkan penyelenggaraan SPIP (Sistem Pengendalian Internal Pemerintah), Pengendalian Gratifikasi, dan membuka kanal-kanal pengaduan masyarakat, serta penyampaian LHKPN/LHKASN.
  6. Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik, antara lain dengan penerapan SOP dan standar pelayanan, membangun budaya pelayanan prima serta melakukan survey kepuasan masyarakat.

Lebih lanjut Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Pekalongan Budi Rahardjo, AP dalam arahannya beliau menyampaikan bahwa kita sebagai abdi negara dan pemerintah harus dapat menjaga integritas serta kedisiplinan sebagai ASN yang siap melayani dan mendukung atas Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang telah dideklarasikan Pemerintah Kabupaten Pekalongan.

Close
Close