Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi

Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Pelaksana.

Kepala Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Kepala Pelaksana BPBD dalam merumuskan kebijakan, mengkoordinasikan, membina, dan mengendalikan kegiatan di bidang rehabilitasi dan rekonstruksi.

Uraian Tugas sebagai berikut :

  1. Mengonsep rencana program kerja dan kegiatan Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi dengan mempelajari dan mengolah bahan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Menyusun konsep pedoman dan petunjuk teknis bidang tugas Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi dengan mempelajari bahan dan data, melakukan kajian permasalahan dan koordinasi sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  3. Mempelajari dan menjabarkan petunjuk, disposisi atasan guna menunjang kelancaran pelaksanaan tugas;
  4. Mempelajari, menelaah peraturan perundang-undangan, keputusan, petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis bidang tugas Seksi Rehabilitasi Dan Rekonstruksi supaya tugas dilaksanakan sesuai ketentuan;
  5. Melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait berkaitan dengan bidang tugas Seksi Rehabilitasi Dan Rekonstruksi untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  6. Mendistribusikan tugas kepada bawahan berkaitan dengan bidang tugas Seksi Rehabilitasi Dan Rekonstruksi dengan memberi petunjuk dan membimbing agar tugas dilaksanakan sesuai ketentuan secara efektif dan efisien;
  7. Menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis pada pasca bencana dengan inventarisasi kondisi lapangan pasca bencana agar pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi sesuai dengan kondisi di lapangan;
  8. Melaksanakan koordinasi dan pelaksanaan kebijakan pada pasca bencana melalui koordinasi dengan instansi terkait agar kebijakan sesuai dengan ketentuan;
  9. Melaksanakan hubungan kerja pada pasca bencana melalui fasilitas dan koordinasi guna pemulihan kembali kehidupan sosial budaya dan ekonomi masyarakat;
  10. Menyusun dan menyiapkan data, inventarisasi, identifikasi dan verifikasi kriteria kerusakan dan kerugian serta rencana aksi pasca bencana melalui fasilitas dan koordinasi guna penerapan rancang yang tepat dan penggunaan peralatan lebih baik dan tahan lama;
  11.  Melaksanakan pemantauan, evaluasi dan analisis pelaporan tentang pelaksanaan kebijakan di bidang penggulangan bencana pada pasca bencana melalui monitoring, evaluasi dan koordinasi agar masyarakat dapat dilayani dengan baik;
  12. Menyusun laporan kinerja bulanan, triwulan dan tahunan Bidang Rehabilitasi Dan Rekonstruksi dengan mengumpulkan dan mengolah data serta koordinasi untuk mengetahui tingkat perkembangan kegiatan;
  13. Melaksanakan pembinaan dan penilaian Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3) kepada bawahan sesuai ketentuan untuk peningkatan prestasi kerja;
  14. Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan baik secara lisan maupun tertulis;
  15. Melaporkan pelaksaaan tugas kepada atasan baik secara lisan maupun tertulis;
  16. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sehubungan bidang tugas pekerjaan. 
Close
Close